Gulir Kebawah Untuk Tetap Baca Berita
Merah-Ilustrasi-Kampanye-Ayo-Memilih-Pemilihan-Umum-Instagram-Post-2
Gorontalo

Rustam Akili Dipastikan Tak Dampingi Toni Uloli di Pilkada Gorontalo 2024

×

Rustam Akili Dipastikan Tak Dampingi Toni Uloli di Pilkada Gorontalo 2024

Sebarkan artikel ini
Sumber Foto: Fajrin Husin (Bicaraa.com) Ketua KPU Provinsi Gorontalo Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media, Kamis (05/09/2024)

BICARAA.COM, GORONTALO– Rustam Akili, yang sebelumnya dipasangkan dengan Toni Uloli sebagai bakal calon wakil gubernur, dipastikan tidak akan mengikuti kontestasi Pilkada Gorontalo 2024.

Hal ini disebabkan oleh hasil pemeriksaan administrasi, salah satunya pemeriksaan kesehatan, yang menunjukkan bahwa Rustam Akili belum memenuhi syarat.

Sofyan Rahmola, Ketua KPU Provinsi Gorontalo menyampaikan, Informasi yang masuk di KPU Provinsi salah satu pasangan calon Gubernur Provinsi Gorontalo dinyatakan tidak lolos.

“Mereka menjalani general check-up, diperiksa oleh tim dokter, dan hasilnya kami menerima laporan bahwa salah satu calon dinyatakan tidak lolos,” ujar Sofyan kepada bicaraa.com, Kamis (05/09/2024).

Sofyan juga menjelaskan pemeriksaan kesehatan bukan semata-mata untuk menilai kondisi fisik atau apakah calon sedang sakit, tetapi lebih kepada kemampuan calon untuk menjalankan tugas sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah selama lima tahun ke depan.

“Jadi dokter melihat apakah calon tersebut mampu atau tidak mampu mengemban tugas sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah. Dalam hal ini, salah satu Bapaslon dinyatakan tidak mampu,” tambahnya.

Menyusul hasil tersebut, KPU Provinsi Gorontalo telah menginformasikan kepada tim penghubung (LO) dari pasangan Toni Uloli dan Rustam Akili untuk segera mengajukan nama pengganti Rustam sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditentukan.

“Kami telah memberi waktu kepada LO untuk memasukkan berkas nama pengganti Bapaslon antara tanggal 5 hingga 7 September. Setelah nama tersebut diserahkan, akan ada pemeriksaan kesehatan baru yang dilakukan oleh tim dokter yang telah kami tunjuk,” jelas Sofyan.

KPU berharap proses penggantian calon ini dapat berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang berlaku agar tahapan Pilkada dapat berlangsung tanpa hambatan.

Dengan demikian, pasangan Toni Uloli masih memiliki kesempatan untuk tetap bersaing dalam Pilkada Gorontalo 2024, dengan calon wakil baru yang memenuhi persyaratan. (*)

Share:   

Baca Berita Kami Lainnya di: 
Biru-dan-Ungu-Modern-Webinar-Bisnis-Facebook-Post-1
Merah-Ilustrasi-Kampanye-Ayo-Memilih-Pemilihan-Umum-Instagram-Post-2