Politik

Banjir Terjang Kecamatan Bone, Ini Desa Terendam dan Terdampak

×

Banjir Terjang Kecamatan Bone, Ini Desa Terendam dan Terdampak

Sebarkan artikel ini
Foto: Istimewa// Banjir di Kecamatan Bone
Foto: Istimewa// Banjir di Kecamatan Bone

BICARAA.COM, BONBOL – Hujan yang mengguyur wilayah di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sejak Kamis (13/06/2024) malam mengakibatkan sejumlah rumah warga, kantor camat dan ruas jalan terendam banjir.

Kecamatan Bone sendiri terdiri dari 14 desa yang terdampak banjir. Namun, ada tiga desa terparah terendam banjir hingga memutus akses jalan penghubung desa di wilayah tersebut.

Camat Bone Dahlan Tomelo mengatakan, derasnya hujan yang terjadi seharian ini, menyebabkan sejumlah desa di wilayah itu tergenang air.

“Jadi, hampir merata banjir di setiap desa ada 14 desa itu banjir bervariasi ada yang digenangi air beberapa jam dan ada yang digenangi air semalam 12 jam. jadi ini menyuluruh di semua desa hanya saja di desa lain cepat surut,” kata Dahlan Tomelo, Jumat (14/06/2024).

“Untuk penyebab banjir karena curah hujan yang tinggi dan tidak mampunya badan sungai menampung debit air. Sehingga menyebabkan meluapnya sungai air ke permukiman rumah warga,” tambahnya.

Dahlan menjelaskan adapun 14 desa tersebut di antaranya Desa Taludaa, Muara Bone, Mooduliyo, Tumbuh Mekar, Cendana Putih, Molamahu, Masiaga, Bilolandunga, Waluhu, Monano, Sogitia, Permata, Inogaluma, Ilohuwa. Peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

“Tidak ada korban, Alhamdulilah tidak ada korban,” sebut Dahlan.

Pemerintah kabupaten Bone Bolango saat ini telah turun ke lokasi meninjau sekaligus warga terdampak banjir. Pihaknya juga membantu warga yang terdampak dan dievakuasi.

“Ada BPBD, Tagana, TNI/Polri bersama organisasi perangkat daerah (OPD) dan warga sementara di lokasi membantu membersihkan setiap rumah terdampak,” tutupnya.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan