Gulir Kebawah Untuk Tetap Baca Berita
Merah-Ilustrasi-Kampanye-Ayo-Memilih-Pemilihan-Umum-Instagram-Post-2
BonebolangoGorontalo

Mafia Tanah Merajalela di Bonebolango, Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan Demo Tuntut Kejati Gorontalo

×

Mafia Tanah Merajalela di Bonebolango, Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan Demo Tuntut Kejati Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Sumber Gambar: Bicaraa.com

BICARAA.COM, GORONTALO– Sebuah aksi unjuk rasa digelar di Kabupaten Bonebolango dan Kota GForo oleh Gerakan Pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan, Kamis (07/06/2024).

Massa aksi tersebut berkumpul di depan kantor Badan Pertanahan dan Kejaksaan Tinggi Gorontalo, menyoroti dugaan adanya mafia tanah di wilayah Kabupaten Bonebolango.

Aksi yang dipicu oleh ketidakpuasan terhadap dugaan praktik mafia tanah ini mengecam keras potensi tindak pidana yang merugikan kepentingan masyarakat.

Sejumlah masa aksi menuntut kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo dan Badan Pertanahan untuk bertindak cepat dan tegas terhadap dugaan transaksi jual beli tanah yang mencurigakan.

Dalam pernyataannya, Dewa Diko, korlap aksi yang dilakukan dengan membawa masa aksi sejumlah 50 orang, menekankan pentingnya penegakan hukum dalam menindak pelaku mafia tanah.

“Kami meminta kepada Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Gorontalo, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo untuk meninjau ulang, dan bila perlu menindaklanjuti dengan proses pidana terhadap orang-orang yang telah melakukan transaksi jual beli di atas tanah yaitu kepada pembeli yang tidak lain adalah bagian dari lembaga pemerintahan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, massa aksi juga menyoroti potensi kerugian keuangan negara yang dapat timbul akibat praktik tersebut.

Dewa Diko menambahkan, “Bila mana dalam proses tersebut ternyata berpotensi pada kerugian keuangan negara, maka terhadapnya juga dapat dituntut dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang pidana asalnya adalah transaksi jual beli di atas objek Penlok,” tuturnya.

Share:   

Baca Berita Kami Lainnya di: 
Biru-dan-Ungu-Modern-Webinar-Bisnis-Facebook-Post-1
Merah-Ilustrasi-Kampanye-Ayo-Memilih-Pemilihan-Umum-Instagram-Post-2