PolitikUndang-Undang & Parlemen

Cek Fakta Yang Akan Terjadi Jika Sengketa Pilpres 2024 Diterima MK, Prabowo Kemungkinan Tidak Dilantik Jadi Presiden

×

Cek Fakta Yang Akan Terjadi Jika Sengketa Pilpres 2024 Diterima MK, Prabowo Kemungkinan Tidak Dilantik Jadi Presiden

Sebarkan artikel ini
Kreative Poster (Sumber Gambar: Redaksi Bicaraa.com)

BICARAA.COM, POLITIK-Hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang berlangsung penuh dinamika dan kontroversi kini telah mencapai babak baru dengan sejumlah gugatan sengketa pemilihan.

Jika Mahkamah Konstitusi (MK) menerima hasil sengketa tersebut, sejumlah skenario menarik akan muncul, mempengaruhi arah politik Indonesia ke depan.

Salah satu skenario yang mungkin adalah dilakukannya pilpres ulang. Dalam skenario ini, kandidat yang akan bertarung kembali adalah 01, 02, dan 03.

Meskipun demikian, terdapat kemungkinan 01 harus mencalonkan cawapres yang baru mengingat keputusan MK terkait sengketa pemilihan sebelumnya.

Jika pilpres ulang terjadi, hal yang menarik adalah kemungkinan perpanjangan masa jabatan Joko Widodo sebagai presiden.

Meskipun masa jabatan presiden hanya dapat dilakukan dalam dua periode, perpanjangan masa jabatan bisa menjadi isu yang memicu perdebatan hangat dalam politik nasional.

Namun, jika Prabowo Subianto tetap dilantik sebagai presiden, ada pertanyaan tentang siapa yang akan menjadi wakil presidennya.

Menurut aturan yang ada, wakil presiden dapat dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam hal terjadi kekosongan kekuasaan.

Di sisi lain, jika Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka (calon wakil presiden yang mendampingi Prabowo) dibatalkan dari pencalonan presiden dan wakil presiden, skenario yang lebih menarik akan muncul.

Secara otomatis, nomor urut satu akan diisi oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, sedangkan nomor urut dua akan diisi oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan