Undang-Undang & Parlemen

Dinilai Melanggar Demokrasi, Jokowi di Kritik Oleh Alumni Kampusnya Sendiri

×

Dinilai Melanggar Demokrasi, Jokowi di Kritik Oleh Alumni Kampusnya Sendiri

Sebarkan artikel ini
Kolase Editorial (Foto: Redaksi Bicaraa.com)

BICARAA.COM, POLITIK-Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi saksi suatu kejadian menarik, di mana sejumlah dosen, termasuk Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Koentjoro, menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui ‘Petisi Bulaksumur’.

Dalam acara yang berlangsung di Balairung UGM, Sleman, DIY, pada Rabu (31/1/2024), para dosen dan unsur mahasiswa UGM membacakan petisi tersebut, menilai Jokowi telah menyimpang dari prinsip-prinsip moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial.

Petisi ini menjadi sorotan karena UGM merupakan almamater Presiden Joko Widodo, sehingga kritik yang disampaikan oleh para dosen dan mahasiswa UGM memiliki bobot tersendiri.

Koentjoro, sebagai perwakilan dosen, menyampaikan isi petisi tersebut di hadapan sejumlah dosen, mahasiswa, dan pihak media yang turut hadir.

Dalam pembacaan petisi, Koentjoro menyebutkan, Jokowi memiliki almamater tersendiri di Universitas Gajah Mada, Sehingga perlu diingatkan ketika telah menyimpang.

“Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang justru terjadi dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga merupakan bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada,” tandasnya.

Sejumlah dosen dan mahasiswa UGM turut serta dalam pembacaan petisi ini, menunjukkan bahwa kritik ini bukan semata-mata berasal dari satu kelompok, melainkan mencakup berbagai unsur di lingkungan akademis UGM.

Petisi ini didukung oleh sejumlah guru besar dari berbagai fakultas di UGM, serta mahasiswa yang diwakili oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM, Gielbran M. Noor.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan