Cara Menghukum Anak Secara Masuk Akal

by

http://viewtific.com/author/curiona/page/4/ Perlukah kita menghukum anak yang nakal …?, Menurut kami, itu sangat perlu buat anak harus tahu mana yang benar dan mana yang salah. Anak tumbuh baik di awali oleh pembelajaran yang baik dimulai dari rumah, kemudian dari lingkungan sekolahnya dan lingkungan sekitar. Hanya saja menghukum itu gak asal saja, karena bisa bisa berdampak negatif. Dihajibkan susun memberi tau tau tujuannya dulu, agaru itu bermanfaat untuk anak.

Seroquel overnight Pada keadaan, perkembangan perilaku seorang anak itu tergantung pada usianya, fisik, tingkat emosional dan karakter kepribadiannya. Akan hal dalam kehidupan nyata tidak bisa dilakukan dengan harapan orang tua.

Berita terbit di surat kabar dan medsos, riwayat memberitakan tindakan kekerasan terhadap anak, tindakan itu merupakan salah satu contoh yang dilakukan oleh orang tua. Dimasa akan datang memiliki dampak berbahaya saat anak tumbuh dewasa, sebab kekerasan dapat menyebabkan keseimbangan anak menjadi gangguan.

Orang tua sependapat, yang memebrikannya secara fisik akan memberikan efek jera terhadap anak, untuk tidak nakal di lain waktu. Tapi tidak, sama persis tidak bisa, tegasnya tidak. Disadari atau tidak, tindakan seperti ini ternyata bisa menyebabkan rasa percaya diri terhadap anak dan mudah stres, bahkan menjadi seorang anak pendiam. Kenapa demikian seorang anak daya pemikiranya mudah buat apa yang dia lihat dan meraka alami sebelumnya, terlebih dengan tindakan kekerasan. Kondisi itu pasti menghantui daya pikir anak menjadi takut dan merasa terancam setiap hari.

Hukuman seorang anak sedang menjadi pertanyaan dan perbincangan para orang tua, ada yang setuju dengan anak yang sangat kuat, ada juga yang sangat setuju memberikannya baik fisik maupun tidak. Kedua cara itu sama sama kurang tepat, menghukum atau tidak kepada anak pasti punya dampak tertentu terhadap anak, jadi apa yang seharusnya di lakukan orang tua dahulukan pemikiran yang baik, ketahuilah dulu dengan mengajak anak anda dengan baik secara normal atau sambil makan, biarkan dulu si anak menjelaskan apa yang dia rasakan dan yang ia alami.

Pernahkah, anda berfikir sejenak, apa yang pantas untuk anak, yang mungkin sesuai dengan yang anda inginkan. Masih banyak cara yang bisa ditempuh selain dengan kekerasan fisik atau anak anak saja.

Dikutip dari halaman pendidikankarakter.com Berikut tips menarik yang bisa anda lakukan, untuk menghukum anak dengan cara yang baik dan masuk akal, dan tanpa harus menyakiti anak.

Cara 1. Berikan anak waktu sendiri untuk merenungi kesalahannya, tahap ini disebut refleksi diri, kemudian ajaklah anak mengobrol dan tanyakan mengapa dia berubah. Misalnya begini, saat anda sebagai orang tua, si anak pada saat itu tau kenalannya sepulang sekolah, jangan langsung di marahi atau di tanya sampai habis, biarkan dulu sampai sakit pada saat jam makan, ajaklah ia makan lalu lakukanlah tanya jawab, setelah itu suruh si anak merenungi kesalahannya, baik di alat atau di tempat lain.

Cara 2. Berikan anak tugas atau pekerjaan di rumah, agar mereka belajar untuk memenuhi tanggung jawab yang mereka sebelumnya. Misalnya, saat ketahuan salah dan anak sudah resmi, beri dia pekerjaan yang sesuai dengan yang dia mampu, kalau anak anda suka menggambar suruh si anak pintas selama 30 hari secara konsisten, dsb. Hal ini pasti baik karena cara itu tahan kemandirian, konsisten terhadap anak dan mendukung hobi dari anak.

Cara 3. Larang Anak melakukan kegiatan kesukaannya untuk sementara waktu, seperti larangan bermain video games atau menonton televisi selama satu minggu, dan jangan lupa untuk membahas mengapa ia melanggar peraturan dan bagaimana dia.

Sebenarnya masih banyak cara lain, yang harus disesuaikan kondisi anak dan lingkungan keluarga sekitar. Dari ketiga cara diatas tidak berarti bisa diterapkan juga, terlebih. Jadi suka susun anak yang di anggap nakal dengan cara menghuum yang baik, sepantasnya dan mendidik.

Sementara itu, menurut tulisan Ustadz Abdullah Bin Taslim, MA dalam bukunya, jelaskan cara menghukum anak yang tidak dibenarkan dalam Islam antara lain.
1. Memukul wajah.
2. Memukul terlalu keras sehingga berbekas.
3. Memukul dalam keadaan sangat marah.
4. Bersikap terlalu keras dan kasar di hadapan anak.
5. Menampakkan kekerasan.
Itulah beberapa tips untuk menghukum seorang anak dan mendidik dari kesalahan anak itu sendiri, semoga bermanfaat.

Penulis: fw
Refrensi:
www.pendidikankarakter.com
Majalah Kesehatan Muslim edisi VI Tahun I
Oleh Ustadz Abdullah Bin Taslim, MA beberapa cara mendidik anak nakal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.